Rabu, 27 Juni 2012

Media dasar atau media sederhana

Media dasar atau media sederhana adalah Media yang secara rutin selalu tersedia di laboratoriom karena bahan dasar yang sangat disukai oleh bakteri. Contohnya: Nutrien Agar , Nutrien Broth, Infution Broth , dll.

1.  Nutrien Agar

 

     Nutrien agar adalah medium umum untuk uji air dan produk dairy. NA juga digunakan untuk pertumbuhan mayoritas dari mikroorganisme yang tidak selektif, dalam artian mikroorganisme heterotrof. Media ini merupakan media sederhana yang dibuat dari ekstrak beef, pepton, dan agar. Na merupakan salah satu media yang umum digunakan dalam prosedur bakteriologi seperti uji biasa dari air, sewage, produk pangan, untuk membawa stok kultur, untuk pertumbuhan sampel pada uji bakteri, dan untuk mengisolasi organisme dalam kultur murni.


Pembuatan Nutrient Agar
· Timbang komponen medium dengan menggunakan timbangan analitis untuk volume yang diinginkan sesuai dengan komposisi berikut:
§ Beef extract 3 g
§ Peptone 5 g
§ Agar 15 g
§ Akuades s.d 1000 ml
· Akuades sebanyak 100 ml dibagi menjadi dua satu bagian untuk melarutkan Beef extract dan peptone dan sebagian lagi untuk melarutkan agar. Sebaiknya air untuk melarutkan agar lebih banyak
· Larutkan agar pada sebagian air tersebut dengan mengaduk secara konstan dan diberi panas. Dapat menggunakan kompor gas atau hot plate stirrer (jangan sampai overheat, karena akan terbentuk busa dan memuai sehingga tumpah). 
· Sementara itu sebagian akuades digunakan untuk melarutkan peptone dan beef extract, cukup dengan pengadukan.
· Setelah keduanya larut, larutan dituangkan ke larutan agar dan diaduk sampai homogen. Kemudian pH media diukur dengan mencelupkan kertas pH indikator. Jika pH tidak netral maka dapat ditambahkan HCl/NaOH.
· Setelah itu media dimasukkan ke dalam labu Erlenmeyer dan disterilisasi dengan autoklaf.
· Tuang media steril ke cawan petri steril secara aseptis. Jika diinginkan media tegak atau miring pada point ke 5, media langsung dituang ke tabung kemudian disterilisasi.


2. Nutrient broth 

 

Nutrient broth merupakan media untuk mikroorganisme yang berbentuk cair. Intinya sama dengan nutrient agar.
Komposisi untuk media NB sama dengan NA tetapi tidak memakai agar sebagai pemadat. Proses pembuatannyapun lebih sederhana, tinggal melarutkan peptone dan beef extract kemudian ditampung dalam labu Erlenmeyer atau tabung reaksi dan siap disterilisasi. Proses pembuatan ini tidak memerlukan panas, peptone dan beef extract akan mudah larut sempurna pada air suhu kamar jika diaduk



3. Brain Heart Infusion (BHI) broth

Calf brain infusion 200 g
Beef heart infusion 250 g
Proteose peptone atau gelysate 10 g
NaCl 5 g
Na2HPO4.12H2O   2,5 g
Dextrose 2 g
Aquadest 1 liter

Cara pembuatan :
Larutkan semua bahan dalam aquadest dan panaskan perlahan-lahan. Masukkan kedalam botol atau tabung untuk disimpan. Sterilisasi pada suhu 121oC selama 15 menit. pH akhir 7,4 kurang lebih 0,1. Untuk persiapan BHI agar, tambahkan 15 g agar kedalam 1 liter BHI broth. Panaskan untuk melarutkan agar sebelum dimasukkan kedalam botol atau labu. Sterilisasi pada suhu 121oC selama 15 menit, pH akhir 7,2 kurang lebih 0,1.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar